fbpx
Perumahan Halal, syariah balikpapan
Perumahan Halal “Al Jannah Town House Balikpapan” !
May 22, 2018
Trk & tips optimalkan ruang
July 20, 2018

Tips memilih arsitek yang tepat untuk mendesain rumah anda

Pernahkah anda merasa….:

1. Bingung memilih arsitek untuk desain rumah anda?
2. Khawatir menyewa arsitek karena biaya mahal?
3. Takut tidak menemukan kecocokan antara desain arsitek dengan kemauan kita?
4. Menggunakan arsitek adalah membuang-buang biaya yang tidak penting?

Apabila anda merasakan itu semua, hmmm…maka anda berada di jalur yang tepat, kali ini saya akan berbagi tips, bagaimana memilih arsitek yang tepat untuk mendesain rumah anda.

Sebelum itu, saya berikan gambaran sedikit peran arsitek dalam proses mendesain rumah anda hingga pada tahap pembangunan.

Sebelum membangun rumah anda, alangkah baiknya anda melakukan perencanaan desain terlebih dahulu, ya….kalo saya bilang itu adalah hal yang wajib, dan direncanakan sematang mungkin dan sedetail mungkin.

Mengapa begitu, karena dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu, akan memudahkan untuk melakukan proses pembangunan, bahkan bisa meminimalisir kendala-kendala yang terjadi pada saat pembangunan rumah berlangsung.

Arsitek berperan membantu anda untuk mewujudkan segala aspirasi, inspirasi dan ide2 anda dalam desain perencanaan rumah impian anda.

Sudah tentu sang arsitek juga memberikan gagasan ide, kreatifitas dalam mewujudkan nya.

Arsitek yang baik adalah arsitek yang bisa membahasakan segala aspirasi dan kebutuhan anda dalam sebuah karya berupa gambar, konsep dan perhitungan teknis.

Dalam tahap pembangunan arsitek juga berfungsi untuk melakukan pengawasan dan kordinasi dengan pihak pelaksana agar dokumen desain dan perencanaan itu bisa benar-benar diaplikasikan kedalam pembangunan.

Baiklah berikut tips memilih arsitek yang tepat untuk mendesain rumah anda.

1. Pilihlah arsitek yang berpengalaman, hal ini penting, semakin banyak pengalaman nya, semakin banyak pula dia menangani berbagai klien-klien dengan latar belakang yang berbeda-beda
2. Lihatlah hasil karya nya, sebagai bahan pertimbangan dan referensi.
3. Memilih arsitek yang tergabung dalam asosiasi resmi yaitu IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) karena hak-hak pengguna jasa dilindungi.
4. Memilih arsitek yang menggunakan kontrak perjanjian yang jelas.
5. Memilih arsitek yang bisa menggaransi, apabila hasil nya tidak sesuai, atau tidak cocok desain nya dengan yang kita harapkan.
6. Memilih arsitek yang tanggung jawab nya sampai pada tahap pelaksanaan, dan memberikan arahan kepada pihak pelaksana pembangunan.
7. Memilih arsitek yang mudah dalam komunikasi, tepat waktu, dan berdedikasi tinggi.

Demikian teman-teman, semoga mencerahkan, salam sukses buat kita semua.

TFQ Arsitek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *